Rapat Koordinasi PKS

Menindak lanjuti Rencana Kerja dengan perusahaan asal korea, EMC+, didampingi pihak EMC+, serta POSCO sebagai kontraktor teknologi pembangkit dan dibantu dinas Perkebunan, serta pihak lainnya maka perusda mengundang beberapa Pimpinan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk membicarakan terkait bahan bakar. Rencana Pembangunan PLTBm ini akan menggunakan Tangkos (Tandan Kosong)/ EFB (Empty Fruit Brunch). Ternyata selain dapat digunakan sebagai pupuk, EFB ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.
untuk itu Pihak perusda menawarkan kerjasama dengan membeli EFB dari PKS agar dapat diolah oleh Perusda dan EMC+.
dengan Kapasitas Install 2 x 7 MW.
Pertemuan potensi pemanfaatan hasil ikutan pengolahan kelapa sawit (JANGKOS) sebagai pembangkit listrik tenaga Biomasa (PLTBm) dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2016, di Ruang rapat Havea Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dibuka secara Resmi oleh Kepala Bidang Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dan di hadiri oleh Kepala UPTD/stafDinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timurdan Dinas Perkebunan Kabupaten/Kota, dan Perwakilan Perusahaan Perkebunan Besar Swasta.

Pertemuan potensi pemanfaatan hasil ikutan pengolahan kelapa sawit (JANGKOS) sebagai pembangkit listrik tenaga Biomasa (PLTBm) dibahas beberapa materi dengan narasumber, termasuk dari dinas perkebunan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*